Wednesday, April 28, 2010

Bahaya Upload Foto Di Facebook


Artikel ini saya kutip dari sebuah notes FB teman saya, lumayan terkejut setelah membacanya. Memang kita harus benar-benar teliti dan waspada terhadap sesuatu atau fasilitas yang ada di dunia maya ini. Silahkan disimak baik-baik ya, semoga bermanfaat ^_^

"Pada beberapa seminar yang saya bawakan, saya selalu menyampaikan masalah ketidakmauan pengguna membaca End User License Agreement / Term of use sebuah produk baik software gratis, berbayar maupun layanan gratis di internet seperti ymail, gmail (email); Friendster dan yang terakhir booming Facebook sebelum menggunakan produk/layanan tersebut.

Kemudian seorang teman di milis yang 'iseng' membaca term of use dari layanan Facebook baru menyadari 'bahaya' yang ditimbulkan kemudian hari:

Beberapa waktu yang lalu saya iseng-iseng baca term of use-nya Facebook, dan saya cukup kaget dengan apa isi bagian yang saya baca. Bila anda punya account Facebook dan pernah upload gambar, maka anda telah setuju dan menandatangani kontrak (secara digital tentunya), untuk setuju dengan apa yang dituliskan di dalam perjanjian dengan facebook. Siapa dari anda yg pernah baca bagian yang panjang dan kadang menyesatkan ini??. Langsung aja, tepatnya di bagian: User Content Posted on the Site di paragraf yang kedua, isinya sebagai berikut:

"When you post User Content to the Site, you authorize and direct us to make such copies thereof as we deem necessary in order to facilitate the posting and storage of the User Content on the Site. By posting User Content to any part of the Site, you automatically grant, and you represent and warrant that you have the right to grant, to the Company an irrevocable, perpetual, non-exclusive, transferable, fully paid, worldwide license (with the right to sublicense) to use, copy, publicly perform, publicly display, reformat, translate, excerpt (in whole or in part) and distribute such User Content for any purpose, commercial, advertising, or otherwise, on or in connection with the Site or the promotion thereof, to prepare derivative works of, or incorporate into other works, such User Content, and to grant and authorize sublicenses of the foregoing. You may remove your User Content from the Site at any time. If you choose to remove your User Content, the license granted above will automatically expire, however you acknowledge that the Company may retain archived copies of your User Content. Facebook does not assert any ownership over your User Content; rather, as between us and you, subject to the rights granted to us in these Terms, you retain full ownership of all of your User Content and any intellectual property rights or other proprietary rights associated with your User Content."

Kurang lebih intinya adalah:

"Saat anda posting sesuatu baik gambar atau apapun ke facebook, maka anda mengizinkan facebook untuk mengcopy untuk tujuan apapun. Dengan memposting sesuatu ke facebook maka secara otomatis anda telah memberikannya kepada facebook dimana, tidak dapat ditarik kembali, terus menerus, non eksklusif, dapat dipindahtangankan, dianggap lunas, utk dipergunakan dimanapun diseluruh dunia, untuk dicopy, ditampilkan pada publik, reformat, dikutip (seluruhnya atau sebagian) dan didistribusikan untuk tujuan apapun, secara komersial, iklan, dsb. Jika anda memutuskan untuk menghapusnya, facebook dapat menyimpan copynya dan mempergunakannya untuk tujuan apapun."

Apakah anda siap memberikan foto-foto atau apapun yang anda posting untuk digunakan demi tujuan apa saja oleh facebook?? Sudahkah anda membaca "perjanjian" yang disediakan oleh layanan gratis lainnya yang anda gunakan seperti email di yahoo dan gmail?"

 Silahkan berkomentar ^_^ .. Apa yang kamu rasakan dan kamu pikirkan setelah membaca artikel ini (?)

9 comments on "Bahaya Upload Foto Di Facebook"

Teddy on May 1, 2010 at 9:05 AM said...

Menurutku sih setiap web yang menyediakan layanan upload foto memang Term of Use nya kayak gitu dan kalo menurut saya sih facebook kan sebuah web sosial yang profesional dan ga mungkin dia akan menggunakannya dengan sembarangan, kan bisa-bisa nama baeknya tercemar bukan, kemudian facebook ga mau kalo pengunjungnya pada hilang, 1 pengunjung bagi mereka sudah berharga banget :)

so ga usah kuatir loh :) hehe

Beben on May 3, 2010 at 1:44 PM said...

Sudah ada kejadian kok, yaaa makanya kt sbg pengguna layanan free2 tentunya hrs lebih cermat saja...pinter2...hihihi
blognya lucu euy (orangnya gimana yak?)

"om_rame" on May 4, 2010 at 1:34 PM said...

trims u/ informasinya.
saLam kenaL

Catatan Cahaya on May 6, 2010 at 9:03 AM said...

emnag kudu ati2 TUh

Mangzales on May 12, 2010 at 9:41 PM said...

Thanks infonya

Miss Rinda on June 2, 2010 at 8:50 AM said...

waH brrti emang hrs ati2 y,kl kk c siap2 aja toH fto kk gda yg bgs ra..wkwkwk

oh y slm knal jg y cantiQ,ini yg d blog kk y ^_^

udh kk follow jg blog haura ^_^

Warm Greetings,
Miss Rinda - Personal Blog

Miss Rinda on June 3, 2010 at 5:31 PM said...

tok tok tok...
neng hauRa link'y udh kk pasang baLiq ia neng ^^
jd kgn oeL fB nie bc postingan haura,,hihi^^


Warm Greetings,
Miss Rinda - Personal Blog

saidialhady on June 4, 2010 at 12:25 AM said...

makanya yang di upload yang aneh2 aja alias yang gak penting.hhe

aguestri on June 4, 2010 at 4:47 PM said...

Wkwkwk kayaknay seru juga tuch kalo kutipan artikel ane yang dipajang di fb jadi terkenal ehhehe.

Becanda gan, keep bloking adja dewh

Follow balik yaw

Post a Comment

Site Info

Local Blogs Page Rank Check
my blog, i will be my self,.
Top 10 Award
-- Tukeran Banner --
Create your own banner at mybannermaker.com!
 

Haura2506 Copyright 2010 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal